Yuk, Ketahui Perbedaan Asuransi Rawat Jalan dan Rawat Inap

Appoie – Seperti diketahui, di dalam asuransi kesehatan sendiri terdapat dua produk asuransi yang biasanya ditawarkan oleh pihak asuransi pada semua nasabahnya, yakni asuransi rawat inap dan asuransi rawat jalan. Lantas, apakah keduanya memiliki perbedaan? Dilihat dari segi perlindungan yang diberikan, baik rawat jalan maupun rawat inap sama-sama memberikan perlindungan kesehatan pada nasabahnya. Hanya saja, manfaat rawat jalan biasanya lebih diperuntukkan untuk nasabah yang tidak menginap atau dirawat di rumah sakit. Sedangkan rawat inap ditujukan untuk yang mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

manfaat rawat jalan

Pengertian asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, asuransi rawat jalan digunakan untuk pengobatan ke poliklinik atau UGD tanpa adanya perawatan intensif hingga menginap di rumah sakit. Asuransi rawat jalan ini umumnya mengacu pada biaya perawatan yang dikeluarkan untuk konsultasi ke dokter, obat-obatan yang diberikan, dan penanganan seperti rontgen atau laboratorium.

Umumnya, asuransi rawat jalan ini dijadikan sebagai manfaat tambahan atau rider dari asuransi rawat inap. Dapat digunakan saat Anda melakukan kontrol rutin setelah rawat inap di rumah sakit, maupun pemeriksaan mandiri ke poliklinik rumah sakit saat merasa kurang sehat.

Sementara itu, asuransi rawat inap memproteksi nasabah jika harus mendapatkan perawatan intensif dan perlu menginap di rumah sakit. Bisa dikatakan, nasabah harus menginap selama 1 hari penuh atau lebih. Jika penanganan yang dilakukan kurang dari 24 jam atau pulang di hari yang sama, maka tidak termasuk pada asuransi rawat inap.

Perbedaan asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap

Sebenarnya dari namanya saja, Anda pastinya sudah langsung tahu jika kedua produk asuransi ini memiliki perbedaan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini.

  • Perbedaan utama yang dimiliki asuransi rawat inap dan rawat jalan adalah terletak pada kapan asuransi memberikan perlindungan pada nasabahnya. Asuransi rawat inap tidak akan menanggung biaya pengobatan tanpa adanya tindakan opname pada pasien. Sementara rawat jalan akan menanggung semua biaya pengobatan selama masih sesuai dengan batas pertanggungan.
  • Biaya premi yang dibayarkan untuk asuransi rawat inap jelas lebih murah dibandingkan dengan rawat jalan. Sebab pada asuransi rawat inap, pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi lebih rendah karena hanya meng-cover rawat inap. Sementara pada asuransi rawat jalan, karena merupakan rider asuransi rawat inap, maka artinya Anda akan mendapatkan pertanggungan untuk rawat inap dan rawat jalan sekaligus.

Demikian penjelasan terkait asuransi rawat inap dan rawat jalan. Pastikan proteksi kesehatan yang Anda ambil memberikan manfaat asuransi rawat jalan dan rawat inap dalam satu polis, ya.