Percaya Diri Membuat Usaha Percetakan Untuk Para Pemula di PADI UMKM Dengan Cara Berikut Ini

Appoie – Bisnis percetakan merupakan bisnis yang selalu stabil, tidak ada musimnya dan tidak ada kenaikan pasar. Bisnis ini memiliki pasar yang besar bagi anak kuliahan, karena sangat banyak menggunakan jasa foto copy atau print dan cetak buku. Untuk ini pilihlah tempat yang dekat dengan kampus untuk membuka usaha percetakan ini untuk mendapatkan omset yang besar. Keuntungan dari usaha Jasa percetakan ini juga cukup besar. Anda hanya mengeluarkan modal yang sedikit dan mendapat keuntungan. Contohnya saja anda bisnis print, modla yang anda keluarkan adalah membeli print. Kemudian menyiapakan 1 buah komputer dan kertas serta tinta. Selain mendapat keuntungan bisnis Jasa percetakan ini sangat mudah dijalankan. Modal yang dikeluarkan juga sangat kecil. Langkah-langkah untuk memulai membuka usaha Jasa percetakan juga sangat mudah. Pada artikel ini akan dibahas langkah-langkah membuka bisnis percetakan hingga sukses. Bisnis pecetakan in sangat luas dan banyak sekali bagiannya.

jasa percetakan

Tips pertama bangun usaha jasa percetakan di PaDi UMKM yaitu Tentukan lokasi dan pasar, Untuk membuka bisnis percetakan tentu kita harus memperhatikan terlebih dahulu pasarnya untuk siapa. Jika pasarnya untuk anak kuliahan maka tempatnya pun tidak jauh dari kampus. Kemudian jenis percetakan yang dibuka juga bisa print dan fotocopy saja untuk menghemat modalnya. Namun jika kita ingin membuka perctakan yang langsung besar tidak masalah semua jenis percetakan kita terima. Tentu harus mengeluarkan biaya modal yang besar.

Tips kedua bangun usaha jasa percetakan di PaDi UMKM yaitu Siapkan modal, Modal untuk bisnis percetakan ini kalau untuk pasarnya anak kuliah atau sekolah relatif kecil. Bahkan dengan modal dibawah 5 juta saja sudah sangat bagus untuk membuka bisnis print dan ditambah untuk membeli mesin foto copy. Untuk mesin fotocopy juga tidak terlalu mahal biayanya bisa kurang dari 10 juta.

Tips ketiga bangun usaha jasa percetakan di PaDi UMKM yaitu Tetapkan harga jual, Setelah peralatan lengkap dan percertakan dibuka, maka langkah selanjutnya adalah tentukan harga. Untuk menentukan harga kita harus ketahui dahulu harga kompetitor kita. Misalnya saja untuk foto copy harga kompetitor kita Rp.200/lembar. Maka kita bisa berikan lebih murah misalnya Rp. 180/Lembar. Atau dengan harga yang sama tetapi dengan memberikan diskon. Hal ini akan menarik pelanggan untuk menggunakan jasa percetakan kita.

Tips keempat bangun usaha jasa percetakan di PaDi UMKM yaitu Promosi, Langkah selanjutnya untuk mendapatkan pelanggan yan banyak bisa dengan promosi. Promosi disini banyak caranya bisa melalui selembaran brosur, bisa menggunakan banner, bisa juga secara online. Kita bisa tentukan pasarnya siapa, jika anak kuliah pasti bisa dengan brosur atau juga banner. Tapi juga bisa melalui media sosial untuk menarik pelanggan dari beberapa tempat. Mulai saja promosi di instagram, facebook atau bisa mendaftakan percatakan di google. Sehingga ketika orang mencari percetakan murah dan mendapat diskon akan langsung muncul percetakan kita di pencarian google.

Tips lima bangun usaha jasa percetakan di PaDi UMKM yaitu Tetap konsisten, Untuk menjadi pelaku bisnis percetakan yang sukses tentu harus selalu konsisten melakukannya. Sehingga walaupun tidak ada pelanggan pun tetap buka. Karena kita tidak tahu rizki itu kapan datangnya. Kita harus tetap berusaha lakukan hal yang terbaik, berikan pelanyanan yang terbaik untuk pelanggan kita, berikan diskon juga. Jika ini terus dilakukan bisnis percetakan akan sukses.