Kenali Asupan Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak

Appoie – Memberikan dukungan kepada anak yang sedang sibuk belajar bukan hanya melalui kata-kata penyemangat saja, tapi juga dengan cara menyediakan asupan makanan yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi anak. Terlebih, untuk anak-anak yang setingkat dengan Jakarta Elementary School karena di usia tersebut anak sangat membutuhkan nutrisi yang tepat guna meningkatkan kinerja otak. Selain itu, perhatian dari orang tua juga sangat dibutuhkan. Ketika anak mulai terlihat kesulitan dalam berkonsentrasi, cobalah sediakan makanan-makanan di bawah ini, di antaranya:

Jakarta Elementary School

1. Telur

Siapa sangka, makanan yang sangat mudah ditemukan ini ternyata kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh anak. Salah satu kandungan yang ada pada telur adalah kolin. Kolin berguna untuk mengembangkan fungsi otak serta daya ingat anak. Namun, jangan terlalu sering memberikan telur pada anak. Dianjurkan hanya 4 hingga 5 butir setiap minggu.

2. Ikan Salmon

Ikan jenis ini memang sudah terkenal akan kandungannya yang baik untuk kesehatan tubuh. Seluruh kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan salmon juga berguna untuk meningkatkan konsentrasi anak. Apalagi, ketika pembelajaran jarak jauh sedang diterapkan. Anak butuh asupan nutrisi untuk membantunya berkonsentrasi. Ada baiknya rutin menyediakan olahan ikan salmon untuk anak paling tidak 2 hingga 3 porsi setiap minggunya.

3. Blueberry

Blueberry mempunyai kandungan antiosidan yang sangat baik untuk kesehatan otak anak. Kandungan antioksidan pada blueberry paling tinggi dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya. Selain untuk kesehatan otak anak, blueberry berguna untuk menangkal radikal bebas dan kerusakan DNA yang dapat menyebabkan kanker. Anda dapat menyediakan blueberry untuk si kecil sebagai kudapan setelah selesai makan atau camilan saat anak sedang belajar.

4. Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung protein yang tinggi, serat, mineral, vitamin, serta karbohidrat. Protein yang terkandung dalam kacang hijau bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Dengan begitu, anak akan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Anda dapat menyajikan kacang hijau dengan cara membuatnya menjadi bubur kacang hijau atau campuran ke dalam sup sesuai dengan selera anak.

5. Wortel

Selain untuk kesehatan mata, kandungan nutrisi pada wortel akan membuat sel-sel otak anak menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, wortel menjadi favorit anak-anak karena warna yang menarik dan rasanya yang manis. Wortel juga dapat mencegah anemia pada anak sehingga anak dapat lebih aktif beraktifitas dan semangat saat belajar. Anda dapat mengolah wortel menjadi sup atau jus yang segar.

Saat anak sudah mulai duduk di bangku sekolah, saat itu pula peran orang tua menjadi lebih ekstra. Hal yang perlu diperhatikan tidak hanya tentang nilai-nilai akademik, tetapi juga asupan yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja otak anak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/makanan-untuk-fokus-konsentrasi-otak/

https://www.parenting.co.id/balita/7-makanan-super-untuk-tingkatkan-kecerdasan-anak-