Jangan Panik dan Segera Lakukan Ini Saat Rem Mobil Blong

Appoie – Salah satu bagian penting yang harus Anda periksa saat berencana membeli mobil di tempat jual mobil seken murah adalah memeriksa sistem pengeremannya. Sebab, hal ini sangat berkaitan erat dengan keselamatan Anda saat berkendara.

Namun, meskipun sudah melakukan hal tersebut, bukan berarti Anda tidak perlu mengetahui cara mengatasi rem blong saat berkendara. Sebab terkadang, hal ini bisa tiba-tiba terjadi begitu saja dan pastinya akan sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan cara yang tepat.

Simak cara-cara menghentikan laju mobil ketika rem blong berikut ini:

mobil seken murah

1. Injak Terus Pedal Rem

Salah satu penyebab mobil mengalami rem blong adalah masuknya gelembung udara ke dalam saluran minyak rem, sehingga membuat tekanan minyak rem pada kampas rem melemah dan membuat rem menjadi blong. Untuk membuatnya kembali normal, Anda bisa menginjak pedal rem secara terus menerus.

2. Pakai Rem Tangan

Tarik rem parkir atau rem tangan untuk menghentikan mobil Anda saat pedal rem tidak berfungsi. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Jangan langsung menarik kuat rem tangan, tetapi tariklah secara perlahan sampai mobil berhenti dengan perlahan. Karena, jika Anda menariknya dengan kuat dapat membuat Anda kehilangan kendali dan laju mobil menjadi tidak stabil.

3. Turunkan Gigi secara Bertahap

Banyak kecelakaan yang terjadi karena berkendara dengan kecepatan tinggi. Pada saat Anda mengetahui rem mobil blong, turunkanlah gigi secara bertahap untuk menghentikan mobil.

Ada kemungkinan bahwa putaran rotasi per menit akan menjadi sangat tinggi saat Anda menurunkan gigi. Tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah jika Anda menurunkannya secara perlahan.

4. Jangan Matikan Mesin

Sebagian besar orang akan panik, kemudian mematikan mesin saat rem blong. Padahal langkah tersebut dapat membuat Anda kesulitan dalam mengendalikan mobil. Maka, sebaiknya biarkan mesin tetap menyala. Jika sisi kanan atau kiri Anda memiliki permukaan tanah maka bisa memanfaatkannya untuk menurunkan kecepatan kendaraan. Kurangi kecepatan dan cobalah untuk menepi sambil menyalakan lampu hazard sebagai tanda adanya masalah pada kendaraan Anda.

5. Manfaatkan Jalur Penyelamatan

Jalur penyelamatan umumnya ada pada sisi kiri jalan. Bentuknya adalah jalan menanjak dengan panjang 20 meter, lebar 3 meter, dan tinggi tanjakannya mencapai 6 meter.

Jalur ini mempunyai dasar pasir dan bebatuan kecil untuk meredam dan menghentikan laju kendaraan. Anda dapat memanfaatkan jalur yang satu ini jika mengalami rem blong pada lokasi jalan yang berdekatan dengan jalur tersebut.

Jangan Panik Lagi saat Mobil Mengalami Rem Blong

Kunci utama dari mengatasi rem blong adalah jangan panik. Sebab, dalam kondisi panik orang cenderung untuk melakukan tindakan spontan yang justru berbahaya. Tenangkan diri Anda saat mengetahui adanya masalah ini dan berusahalah untuk menurunkan kecepatan dengan beberapa cara di atas.

Untuk Anda yang berencana untuk menjual mobil, jangan lupa pastikan kondisi sistem pengereman Anda dalam kondisi baik. Sebab tidak semua pembeli memahami masalah ini dan tentunya masalah ini juga akan menurunkan harga jual mobil. Terlebih jika Anda berencana memasarkan mobil di Mocil.id, tim mocil pasti akan melakukan inspeksi terhadap mobil Anda. Akibatnya mungkin akan menghambat rencana pemasaran mobil tersebut jika ditemukan adanya msalah.