Bunda, Pahami Tahap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Appoie – Tahap perkembangan sosial emosional anak usia dini tidak hanya tentang mengatur emosi dalam diri anak, tetapi lebih dari itu. Perkembangan sosial emosional tersebut berpengaruh pada perkembangan anak dan perilaku anak hingga usia dewasa. Nah, berikut ulasan tahap perkembangan sosial emosional anak yang perlu orang tua ketahui.

tahap perkembangan sosial emosional anak usia dini

1. Anak Usia 1-2 Tahun

Anak usia 1 tahun umumnya sudah bisa berjalan dan mulai tertarik untuk mengeksplorasi lingkungannya. Mereka dipenuhi dengan rasa penasaran yang tinggi. Tahapan emosi anak usia ini adalah mereka mulai sadar akan eksistensi dirinya sehingga mereka mulai bisa mengekspresikan diri seperti protes, menunjuk-nunjuk, tantrum dan lain-lain.

Dalam kondisi ini, sebaiknya orang tua tetap membiarkan mereka bereksplorasi sebanyak mungkin dengan tetap mengawasinya. Jangan terlalu mengekang anak dan perhatikan ucapan-ucapan Anda dan orang lain sekitar anak karena mereka akan mulai meniru orang-orang sekitarnya. Gunakan bahasa yang bisa membuat si kecil mengerti keadaannya saat itu.

2. Anak Usia 2-3 Tahun

Ketika usia anak bertambah, pasti ada tantangan baru. Pada usia sekitar 2-3 tahun mungkin si kecil mulai agresif dan tidak menurut. Mereka mulai belajar berkata tidak. Jika anak sering berkata tidak, pahami perasaan dan pikiran anak tersebut.

Anda harus tetap sabar dan respon dengan cara yang positif.  Anda bisa menggunakan kata-kata yang menenangkan dan berikan penghargaan ketika anak berperilaku baik. Puji anak agar tingkat percaya diri anak tinggi dan sering ajak komunikasi agar lebih mengenal pikiran dan perasan anak.

3. Anak Usia 3-4 Tahun

Anak usia 3-4 tahun akan lebih senang menghabiskan waktunya dengan bermain bersama teman. Karena sudah ada interaksi dengan teman, terkadang akan ada perselisihan dengan temannya. Pada kasus ini sebaiknya Anda menanyakan terlebih dahulu alasan anak Anda berselisih dan beri penjelasan cara berteman yang baik.

Usia ini anak sudah mulai lancar berbicara dan mengekspresikan diri dimana ketika anak mulai agresif, perintahkan langsung untuk berhenti dan beri waktu untuk menenangkan diri. Setelah tenang, beri pujian pada anak bahwa dia sudah berhasil mengontrol emosinya. Pastikan Anda tetap menggunakan bahasa yang sopan.

4. Anak Usia Pra Sekolah

Anda harus mulai membimbing anak karena usia pra sekolah sekitar 5 tahun, mereka akan mulai belajar berinteraksi dengan orang yang lebih banyak dan belajar adaptasi di tempat baru. Ajarkan dia untuk bisa mengatur emosi dan tumbuhkan motivasi dalam belajar.

Tahap perkembangan sosial emosional anak usia dini harus selalu didampingi Ayah dan Bunda agar bisa terkontrol dengan baik. Peran orang tua sebagai guru pertama akan sangat menentuka tumbuh kemabang anak ke depannya. Pastikan anak Anda tumbuh menjadi anak yang percaya diri, pintar, dan ceria.